Trend Asuransi Syariah di Tahun 2022 yang Wajib Anda Lirik

Siapa yang tidak tahu mengenai peluang dan potensi pasar asuransi syariah di negara muslim terbesar dunia seperti Indonesia. Menjelang tantangan persaingan regional atas ASEAN Framework Agreement on Services atau AFAS yang akan berlaku pada tanggal 1 Januari 2025 mendatang, banyak orang mulai melirik pasar asuransi berbasis syariah di Indonesia. Bila orang lain sudah mempersiapkan diri dengan baik, bagaimana dengan Anda sendiri? Jangan sampai Anda kalah saing dengan pemain luar negeri ditengah persaingan regional yang semakin ketat dan bebas.

Pertumbuhan Asuransi Syariah yang ada di Indonesia

Di era modern seperti sekarang, masyarakat modern mulai melirik asuransi syariah dibanding asuransi konvensional karena menawarkan lebih banyak keuntungan. Ada berbagai keunggulan asuransi berbasis syariah yang menjadi pertimbangan orang atau pemilik polis untuk segera mendaftarkan diri yaitu :

Read More

1. Pembagian keuntungan lebih jelas

Tergantung akad yang disepakati, pembagian keuntungan lebih jelas antara pemilik polis dan pengelola syariah tanpa merugikan salah satu pihak.

2. Tidak ada unsur riba dan gharar

Alasan asuransi berbasis syariah menjadi trend kekinian karena tidak ada unsur riba. Pengelolaan keuangan dari asuransi dikelola secara jelas dan transparan sehingga ketidakpastian atau pengelolaan dana yang tidak sesuai syarat agama tidak akan terjadi.

3. Diawasi ketat oleh Dewan Pengawas Syariah

Dewan Pengawas Syariah bertugas mengawasi pengelolaan dana dengan baik sehingga pemilik polis tidak perlu was-was.

4. Sesuai syariat agama Islam

Mengingat asuransi berbasis syariah memakai hukum agama Islam yang berlaku sehingga Anda tidak perlu takut pengelolaan dana melanggar aturan yang sudah disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadist.

5. Lebih mudah dan terpercaya

Pendaftaran polis asuransi, pembayaran premi, penandatanganan kontrak polis, dan lain-lain dilakukan secara jelas, mudah dan terpercaya sesuai ketentuan yang berlaku baik hukum dan agama.

Mengingat berbagai kelebihan yang dimiliki oleh asuransi berbasis syariah, maka tidak heran orang-orang mulai berbondong mendaftarkan diri sebagai pemegang polis dengan pembayaran premi sesuai ketentuan. Bila ada masalah pembayaran premi kemudian hari, itikad baik yang mengedepankan prinsip kekeluargaan berdasarkan syariat agama lebih diutamakan tanpa mengabaikan perjanjian yang berlaku.

Keuntungan yang diberikan dengan program yang lebih jelas membuat masyarakat yang mayoritas muslim lebih tertarik dengan asuransi berbasis syariah. Apalagi pada masa pandemi saat orang-orang mulai menyadari pentingnya melakukan perencanaan keuangan dengan baik, angka asuransi terus meningkat secara signifikan. Masyarakat Islam mulai memahami bahwa ikhtiar sangat diperlukan dalam menyelaraskan kehidupan tanpa mengabaikan ibadah atau doa kepada yang kuasa. Asuransi merupakan salah satu ikhtiar menyiapkan masa depan dari berbagai risiko kehidupan, lho!

Selain itu, peluang asuransi berbasis syariah yang sangat besar membuat Anda bisa menjadi salah satu pelaku memasarkan produk asuransi secara langsung. Semakin banyak orang yang mendapatkan edukasi mengenai pentingnya asuransi bisa memiliki kehidupan yang lebih baik dari sisi finansial, emosional dan kenyamanan hidup. Tidak lagi memikirkan segala risiko yang mungkin terjadi sehingga aset terjual habis saat sakit, alami kecelakaan bahkan meninggal dunia nanti.

Peluang asuransi syariah yang sangat besar sebanding dengan tantangan yang ada sebab Indonesia sudah mengumumkan keikutsertaan dalam program AFAS. Artinya institusi asing yang tidak punya SDM atau perwakilan di Indonesia bisa memasarkan produk asuransi secara langsung. Meskipun demikian, pemerintah akan mendukung pemain lokal untuk tetap menguasai pasar asuransi yang ada di negeri sendiri. Jadi, siapkan diri Anda untuk menjadi pelaku asuransi berbasis syariah dengan bekerjasama perusahaan asuransi kredibel, ya!

 

Sumber

https://www.republika.co.id/berita/qnyhnu370/tantangan-dan-peluang-asuransi-syariah-indonesia

https://avrist.com/lifeguide/2021/04/14/keunggulan-asuransi-syariah/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.