Tidak Usah Bingung, Ini 5 Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Mobil Biasa

  • Whatsapp

Tidak-Usah-Bingung,-Ini-5-Perbedaan-Ban-Tubeless-dan-Ban-Mobil-Biasa
Apakah Anda pernah mendengar jenis ban tubeless? Ban tubeless merupakan ban kendaraan yang dirancang tanpa ban dalam. Jika biasanya ban kendaraan itu terdiri dari ban luar dan ban dalam, ban tubeless ini tidak memiliki komponen ban dalam. Ban jenis ini lumrah digunakan sebagai ban mobil maupun ban motor. Tubeless sendiri merupakan istilah dalam bahasa Inggris, yang berarti tanpa tube.

Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Mobil Biasa

Mungkin Anda sedang bertanya-tanya, adakah perbedaan ban tubeless dengan ban biasa? Tentu saja ada. Selain berbeda komponen, berikut ini adalah perbedaan dari ban tubeless dan ban biasa.

Read More

1. Sifat

Perbedaan yang pertama terletak pada sifat ban. Sifat ban tubeless lebih keras dan kuat. Karena sifatnya yang kuat ini pula membuat ban jenis ini sangat cocok digunakan untuk bepergian jauh.

Sedangkan ban biasa atau ban tubetype memiliki kemampuan untuk meredam getaran. Ban jenis ini lebih cocok digunakan berkendara sehari-hari. Dalam artian tidak untuk bepergian jauh.

2. Daya tahan

Perbedaan yang kedua yaitu pada daya tahan ban. Sebenarnya, ketahanan ban mobil ditentukan oleh kebiasaan pengguna. Namun dalam sebuah riset yang sudah dilakukan, ban tubeless ternyata memiliki ketahanan yang lebih baik daripada ban biasa.

Daya tahan ini berkaitan dengan kemampuan ban saat tertusuk paku atau benda tajam lainnya. Ketika mobil Anda menggunakan ban tubeless dan ban tersebut tertusuk paku, Anda masih tetap bisa menggunakan mobil Anda hingga sejauh 200Km sampai ban ini kehabisan angin. Hal ini tentu berbeda dengan ban tubetype yang harus buru-buru mencari tukang tambal ban karena angin dalam ban biasa sudah habis setelah tertancap paku.

Kenapa bisa demikian? Ketika ban tubeless tertusuk benda tajam, lapisan sealant yang ada di dalam ban tubeless akan membuat sekitar area yang berlubang menjadi rapat. Inilah yang menjadikan ban tubeless tidak langsung kehabisan angin ketika tertancap paku dan sejenisnya.

3. Kenyamanan

Perbedaan yang ketiga adalah dari segi kenyamanan. Antara ban tubeless dengan ban biasa atau tubetype, mana yang lebih nyaman digunakan saat berkendara? Berdasarkan karakter atau sifat ban, ban biasa lebih nyaman untuk berkendara.

Ban tubeless memiliki sifat keras. Mobil dengan ban tubeless yang melewati jalanan basah, licin, atau rusak akan terasa tidak nyaman. Berbeda dengan ban biasa yang memiliki kemampuan meredam getaran, Anda akan lebih nyaman berkendara menggunakan mobil dengan ban biasa untuk melewati kondisi jalanan yang ekstrim.

4. Material

Perbedaan keempat terletak pada material penyusun ban. Ban tubeless terbuat dari karet sintetis dan lapisan fluid sealant sebagai penyusun bagian dalamnya. Ban biasa pun terbuat dari karet sintetis dan dilengkapi dengan inner tube yang sering disebut ban dalam.

5. Harga

Berbeda material dan karakter ban membuat kedua ban ini memiliki harga yang berbeda. Mana yang lebih mahal di antara kedua jenis ban ini? Ban mobil biasa dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga ban tubeless. Ini berarti harga ban tubeless lebih mahal dibandingkan harga ban biasa.

Nah, itulah 5 perbedaan ban mobil biasa atau ban tubetype dengan ban tubeless. Perbedaan kedua ban ini terletak pada karakter atau sifat ban, daya tahan, segi kenyamanan, material penyusun, dan juga harganya. Untuk masalah jenis ban mana yang lebih baik, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin ban dengan daya tahan yang kuat, Anda bisa menggunakan ban tubeless. Jika Anda mementingkan faktor kenyamanan dan harga, Anda bisa memilih ban tubetype atau ban biasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *