Pilih Mana Antara Laptop atau PC? Ini Dia Jawabannya

  • Whatsapp

Komputer jinjing merupakan salah satu perangkat elektronik yang semakin diminati masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari beratnya ringan dan modelnya yang praktis untuk ukuran komputer. Selain itu, dengan harga yang cukup terjangkau, elektronik ini punya spesifikasi jempolan. Bagaimana? Masih ragu jika komputer jinjing atau yang banyak dikenal dengan nama laptop ini kalah dari PC? Yuk, kita simak ulasannya.

Kelebihan Laptop Dibanding PC

pilih-mana-antara-laptop-atau-pc-ini-dia-jawabannya

Read More

Tidak bisa dipungkiri, komputer jinjing sudah sangat disukai oleh warga Indonesia. Namun meski penggemarnya semakin bertambah, penggemar PC juga tidak mau ketinggalan mengibarkan bendera kebanggaan mereka. Untuk urusan performa, PC memang bisa dikatakan lebih mumpuni dari elektronik satu ini, tapi bagaimana di aspek lainnya?

Rupanya, mobilitas manusia yang mana sering berpindah ke banyak tempat membuat penggunaan notebook menjadi semakin familiar. Bahkan, rasanya tidak afdol jika pekerja tidak memiliki minimal satu notebook. Hal ini mengingat semua kegiatan yang dilakukan untuk pekerjaan saat ini selalu berkaitan dengan komputer. Namun, akan sangat merepotkan jika kita membawa PC kemana-mana, bukan?

Nah, daripada Anda pusing dan masih bertanya-tanya kira-kira apa saja kelebihan laptop jika dibandingkan dengan PC, maka ini dia jawabannya, yakni :

1. Portable

Seperti yang sudah dijelaskan, notebook atau komputer jinjing sangat mudah dibawa kemana saja. Entah itu pekerjaan Anda di dalam kantor, di lapangan, di cafe, atau di tempat mana saja, membawa alat ini untuk mempermudah pekerjaan Anda bisa dibilang tidak butuh kesulitan berarti. Anda cukup melipatnya, memasukkannya ke dalam tas khusus agar tidak rusak kalau terjadi benturan, dan bawalah kemana saja.

Desainnya yang mudah alias portable ini tentu memang menunjukkan jika notebook diciptakan untuk mereka yang menyukai sesuatu berbau ringkas dan ringan. Itulah mengapa dari sisi ini, notebook lebih unggul dibanding PC rakitan yang mana tidak bisa dibawa kemana-mana tanpa harus merakitnya ulang.

2. Praktis

Kelebihan kedua, notebook sangat praktis. Tidak hanya dari kemudahannya untuk dibawa kemana saja, namun alat elektronik ini juga sangat mudah digunakan. Anda yang awam tentang komputer pun mungkin akan langsung bisa menggunakan notebook karena sangat friendly user dengan tombol-tombol yang hanya butuh satu klik.

Untuk contoh saja, Anda mungkin harus menghidupkan CPU, Stavolt, hingga Monitor ketika akan menghidupkan PC. Namun untuk menghidupkan sebuah notebook, Anda hanya butuh satu kali pencet pada tombol power yang biasanya ada di atas deretan huruf pada keyboard notebook Anda.

Untuk mematikannya pun, Anda juga sangat mudah. Di PC, Anda harus melakukan shutdown, lalu mematikan kembali LCD, CPU, dan juga Stavolt. Namun di komputer jinjing, Anda hanya perlu mencari fitur shutdown di interface dan biarkan OS menyelesaikannya untuk Anda. Jika tidak bisa, Anda bisa juga menekan tombol power dengan durasi lebih lama agar notebook mati. Mudah, bukan?

3. Hemat Daya

Terakhir, komputer jinjing dikenal lebih hemat daya dibanding PC rakitan. Pasalnya, notebook punya daya baterai yang dapat bertahan hingga 8 jam lamanya tergantung pemakaian. Berbeda dari komputer rakitan, Anda mungkin akan membutuhkan daya listrik yang besar agar ia bisa menyala. Selain itu, ia juga bisa menyala meski tanpa baterai dan hanya membutuhkan sambungan kabel pada stop kontak saja.

Demikian ulasan mengenai beberapa kelebihan laptop dibanding PC. Bagaimana? Anda sudah yakin bukan jika komputer jinjing jauh lebih baik? Semoga ulasannya bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *