Menilik Kerja Remote: Definisi dan Jenis Pekerjaannya

Seiring berkembangnya dunia kerja, kini sudah mulai banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote atau remote working. Dikutip dari Glints.com, selama lima tahun terakhir jumlah orang yang bekerja secara remote meningkat sebesar 44%. Dari data tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa kerja remote bisa menjadi tren untuk bekerja yang akan berkembang dari waktu ke waktu. Lalu sebenarnya apa sih kerja remote atau remote working itu? Remote working adalah pekerjaan yang dapat diselesaikan tanpa perlu pergi ke kantor. Jadi, bagi kamu yang tertarik mencoba remote working ini, kamu bisa bekerja dari rumah, cafe, atau co-working space. Yang terpenting, kamu bisa mengakses semua pekerjaan dari mana saja menggunakan internet. Kalau kamu bekerja di rumah, pastikan kamu sudah pasang WiFi murah untuk mendukung efektifitas kerja kamu.

Read More

Dengan adanya sistem kerja seperti ini, sebuah survei yang dilakukan oleh Mental Health America menemukan bahwa orang dengan pilihan kerja secara remote atau fleksibel, melaporkan kondisi kesehatan mental yang lebih baik. Dari pekerjaan yang fleksibel itulah, 48% mengatakan work-life balance mereka berada dalam kondisi yang sangat baik. Dalam hal ini, memiliki pengertian di mana tingkat produktivitas kerja seorang karyawan berada dalam kondisi yang baik sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. (glints.com).

Jika kamu memang tertarik untuk mengambil jenis pekerjaan yang remote, ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa diambil dengan sistem tersebut, seperti :

1. Content writer

Bagi kamu yang tertarik dengan bidang tulis menulis artikel, jenis pekerjaan ini cocok untuk kamu. Tanpa perlu hadir dengan tatap muka, kamu bisa menulis, mengedit, dan mengirimkan dokumen dari mana saja.

2. Sales

Untuk jenis pekerjaan yang satu ini, bisa juga dilakukan tanpa harus datang ke kantor. Sales bisa melakukan pekerjaannya di mana saja dan ada beberapa perusahaan yang memang tidak mewajibkan untuk seorang sales datang ke kantor asal targetnya terpenuhi.

3. Data entry

Kamu suka berkutat dengan data? Data entry bisa jadi posisi yang cocok untuk kamu tekuni dan yang menariknya, kamu juga bisa melakukan profesi ini dari mana saja.

4. Graphic designer

Bagi kamu yang gemar dengan design, menjadi graphic designer dapat bekerja tanpa harus pergi ke kantor alias kerja remote. Untuk bisa menjadi graphic designer, kamu harus membuat portofolio yang bagus dan menyebarkannya di berbagai platform.

5. Programmer

Ternyata tidak hanya empat pekerjaan yang sudah disebutkan di atas yang bisa dikerjakan dari mana saja, ternyata untuk menjadi programmer pun juga bisa dikerjakan di mana saja.

Nah, apabila kamu tertarik untuk menjajaki dunia pekerjaan dengan sistem remote working ini, kamu sudah harus mulai mencari informasi lebih dalam lagi mengenai jenis-jenis pekerjaan, gaji, dan membuat portofolio yang menarik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *