Mengenal Fungsi Ginjal serta Penyakit yang Menyerangnya

Di dalam tubuh manusia terdapat beberapa jenis organ dan salah satunya adalah ginjal. Ginjal terletak di bagian bawah belakang tulang rusuk. Organ ini memegang peran vital bagi tubuh kita. Fungsi ginjal adalah untuk menyaring serta membuang racun dan membantu mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh. Ginjal juga punya peran penting dalam mengatur tekanan darah dan kadar garam.

Read More

Gangguan pada Ginjal

Sama seperti jenis organ lainnya, ginjal juga bisa mengalami gangguan fungsi. Penyakit ginjal sangat beragam dan salah satunya adalah batu ginjal. Penyakit ini banyak ditemui di kalangan masyarakat Indonesia dan bisa menyebabkan berbagai jenis komplikasi yang berakibat fatal.

Batu ginjal ini bisa disebabkan oleh beragam faktor. Mulai dari dehidrasi, obesitas, hingga efek samping operasi. Batu yang ditemui di ginjal ini dikelompokkan ke dalam 4 jenis, batu asam urat, batu kalsium, batu sistine, serta batu struvit. Penderita penyakit ini biasanya akan merasakan nyeri saat buang air kecil.

Penyakit ini bisa memicu kerusakan yang sifatnya permanen pada ginjal. Akibatnya, fungsi ginjal tidak berjalan normal seperti biasa. Oleh sebab itu sangat penting untuk segera mengatasi penyakit ini agar tak berkembang semakin parah dan menyebabkan komplikasi yang sulit untuk diobati.

Pencegahan dan Pengobatan

Setiap jenis penyakit pasti bisa dicegah dan diobati. Begitu juga dengan kondisi batu ginjal ini. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengembalikan fungsi ginjal seperti semula. Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan dan pengobatan yang bisa dilakukan:

  • Konsumsi Obat

Bagi orang yang sudah mengalami penyakit ini, dokter biasanya akan meresepkan obat-obat tertentu. Jenis obat-obatannya beragam seperti allopurinol, diuretik, dan natrium bikarbonat. Pastikan untuk mengonsumsi obat di bawah pengawasan dokter agar tak terjadi efek samping di luar target pengobatan.

  • Prosedur Ureteroskopi

Selain meresepkan obat, dokter juga akan menyarankan tindakan ureteroskopi. Ini merupakan prosedur yang melibatkan alat ureteroskop. Alat ini akan dimasukkan melalui ureter dan kandung kemih. Nantinya alat tersebut akan mengambil batu pada ginjal namun hanya bisa digunakan untuk batu berukuran kurang dari 1,5 cm.

  • Pembedahan

Jika batu sudah tidak bisa diambil dengan ureteroskop maka dokter akan melakukan tindakan pembedahan. Pembedahan ini dilakukan pada pasien yang kondisinya sudah parah dan fungsi ginjal sudah rusak atau hampir rusak. Tentunya risiko pembedahan juga lebih besar sehingga harus dilakukan secara cermat.

  • Jaga Pola Makan

Tindakan yang satu ini bisa dilakukan untuk mencegah maupun mengobati penyakit ginjal. Pola makan yang tepat akan membantu memelihara kesehatan ginjal secara optimal. Konsumsi sayur, buah, dan hindari makanan cepat saji. Selain itu disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang bagus bagi ginjal seperti apel, ikan, bawang, kol, kacang-kacangan, dan putih telur.

  • Minum Banyak Air Putih

Jangan lupa, minumlah banyak air putih demi menjaga kesehatan ginjal. Kerja ginjal akan jauh lebih mudah jika tubuh mendapatkan asupan air putih yang memadai. Langkah ini dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal maupun sebagai bagian dari terapi untuk mengobati penyakit tersebut.

Penting sekali bagi kita untuk mengenal fungsi ginjal karena ini akan membantu kita untuk lebih cermat dalam menjaga kesehatan organ tersebut. Terapkan gaya hidup sehat agar ginjal dan organ lain dalam tubuh bisa terus menjalankan fungsinya dengan baik. Konsultasikan pada dokter jika ditemui gejala-gejala yang mengarah pada gangguan fungsi ginjal.

Sumber:

https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/61c9308fe25a6/8-fungsi-ginjal-pada-tubuh-manusia-yang-penting-untuk-diketahui

https://www.alodokter.com/batu-ginjal

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.