Jenis Bahan Kaos Polos dan Karakteristiknya

  • Whatsapp

Kaos polos merupakan salah satu dari bahan untuk pembuatan kaos distro atau untuk keperluan disablon. Namun, tidak menuntut kemungkinan kaos polos juga digunakan langsung, maksudnya tanpa ditambah sablonan. Grosir kaos polos sangat banyak dicari, karena hanya di sana orang bisa menemukan harga kaos polos yang murah.

Read More

Beberapa Jenis Kaos Polos yang Harus Anda Ketahui

Kaos polos juga memiliki berbagai macam jenis yang berbeda. Masing-masing dari kaos tersebut memiliki karakteristik tersendiri, dan memiliki keunggulan tersendiri. Dari segi harganya pun juga berbeda, jadi saat Anda ingin membeli kaos polos lebih baik ketahui dulu jenis dan bagaimana karakteristiknya. Berikut adalah beberapa jenis kaos dan karakteristiknya.

1. Cotton Combed (Katun Combed)

Bahan kaos ini adalah serat kapas yang memiliki karakteristik benang halus dibandingkan dengan bahan kaos yang lain. Selain itu, kaos ini memiliki tekstur yang tidak berbulu sehingga nyaman saat dikenakan. Hasil rajutannya pun juga lebih bagus dan lebih rata. Oleh karena itu, kaos polos ini yang paling banyak dicari untuk bahan konveksi ataupun pribadi.

Cotton Combed ini memiliki beberapa jenis lagi, yang dibedakan berdasarkan ketebalannya. Beberapa jenis tersebut di antaranya adalah 20s, 24s, 30s, dan 40s. Semakin kecil angkanya, harga kaosnya akan semakin mahal, karena kenyamanan yang diberikan dan ketebalannya yang pas untuk digunakan.

Ciri-ciri dari kaos katun combed adalah memiliki benang yang halus, tekstur dan hasil rajutan yang rapi dan rata, serta tidak berbulu. Orang-orang banyak menggunakan kaos ini karena memiliki rasa nyaman, sejuk dan mampu menyerap keringat. Selain itu, untuk para pengusaha clothing, juga banyak memilihnya karena sangat mudah untuk disablon.

2. Cotton Carded

Jenis kaos polos yang kedua adalah katun carded, ciri atau karakteristik dari kaos yang satu ini adalah memiliki tekstur yang tidak terlalu halus. Pada umumnya, kaos dengan bahan ini banyak digunakan untuk produksi kaos di kelas menengah, karena harganya yang tergolong murah. Kaos ini memiliki beberapa jenis kategori yang dibedakan dari ketebalannya.

Cotton carded memiliki beberapa ciri khusus yaitu salah satunya adalah memberikan rasa sejuk saat digunakan, dan juga bisa menyerap keringat. Kaos ini juga tidak mudah kusut dan tahan luntur. Namun, kaos ini sangat tidak cocok digunakan sebagai bahan clothing, karena sangat sulit untuk proses sablon, penyebabnya adalah serat benang yang kasar dan rajutan yang tidak rata.

3. Viscose

Jenis kaos polos berikutnya adalah viscose atau juga sering disebut dengan rayon. Kaos ini adalah kaos dengan bahan serat sintetis dengan bahan selulosa organic. Harga dari kaos ini tergolong sangat mahal, karena menawakan kenyaman dan warna yang bagus. Kaos ini memiliki tekstur yang sangat lembut, bahkan lebih lembut dibandingkan dengan bahan organik.

4. Cotton Viscose (CVC)

Kaos yang satu ini merupakan gabungan dari cotton combed dengan viscose, dengan perbandingan 55% : 45%. Keunggulan kaos ini adalah memiliki rasa nyaman dan memiliki susut pola yang lebih kecil. Selain itu, karakteristiknya yang lain adalah mampu menyerap keringat dengan baik dan memberikan rasa sejuk.

Itulah tadi beberapa bahan kaos yang banyak digunakan untuk bahan clothing atau juga untuk pemakaian pribadi. Sebenarnya masih terdapat beberapa jenis lain yang bisa ditemukan di grosir kaos polos, misalnya seperti polyester, hyget. Tetoron Cotton (TC), Cotton Slub, dan masih banyak lagi, namun bahan tersebut sangat jarang digunakan karena rasanya yang kurang nyaman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *