Gaya Dalam Renang Itu Apa Saja? Cari Jawabannya di Sini!

  • Whatsapp

Berenang menjadi pilihan jenis olahraga yang tak hanya menyehatkan namun juga memberi sensasi menyenangkan. Olahraga ini punya segudang manfaat mulai dari membakar kalori, meningkatkan kesehatan organ pernapasan, menurunkan risiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi. Kali ini akan dibicarakan lebih jauh tentang gaya dalam renang itu apa saja dan apa saja manfaatnya.

Read More

Gaya Renang

Ada banyak sekali jenis gaya renang yang bisa Anda lakukan. Variasi gaya dalam berenang akan membantu Anda mendapatkan manfaat yang lebih optimal. Berikut adalah beberapa jenis gaya renang yang bisa Anda coba praktikkan:

1. Gaya Bebas

Pilihan pertama adalah gaya bebas atau freestyle. Jenis gaya ini sudah sangat populer dan paling mudah untuk dipelajari sekaligus dipraktikkan. Meskipun gaya ini melibatkan gerakan dari semua otot tubuh namun gaya bebas juga dianggap sebagai jenis gaya paling efisien saat berenang.

Dalam gaya ini, semua otot mulai dari otot leher, punggung, dada, kaki, juga lengan akan bergerak mendorong bagian tubuh di dalam air. Gaya bebas bisa membantu membakar lebih banyak kalori dan melatih kekuatan otot Anda. Selain itu jenis gaya seperti ini juga mempermudah Anda berlatih napas panjang dan bisa meninggikan badan.

2. Gaya Punggung

Berikutnya ada gaya punggung yang juga sangat populer di kalangan penyuka olahraga renang. Sesuai dengan namanya, gaya ini menggunakan tumpuan punggung untuk mendorong tubuh bergerak di dalam air. Tipe gaya renang yang memungkinkan Anda untuk menarik napas dan membuangnya kapan saja dibutuhkan.

Gaya punggung ini juga terhitung efektif untuk membakar kalori tubuh. Selain itu, gaya punggung juga meningkatkan fleksibilitas tubuh serta membantu mengencangkan otot. Gaya ini tergolong mudah untuk dipelajari oleh para pemula.

3. Gaya Dada

Ada banyak jawaban dari pertanyaan gaya dalam renang itu apa saja. Selanjutnya ada gaya dada yang memiliki tempo cukup teratur sehingga membutuhkan penguasaan teknik yang benar. Jenis gaya ini memang membutuhkan teknik pernapasan yang baik namun masih cocok untuk dipelajari oleh para pemula.

Gaya renang dada atau breaststroke ini sering juga dikenali sebagai gaya renang katak. Disebut demikian karena gerakan renang yang dihasilkan menyerupai gerakan katak saat berenang. Gaya ini bisa membantu Anda membakar kalori, menurunkan stres, serta sangat efektif menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Gaya dada ini juga sangat efektif dilakukan untuk menjaga kadar gula dalam darah

4. Gaya Kupu-Kupu

Sesuai dengan namanya, gaya renang ini mengadaptasi gerakan terbang kupu-kupu. Ini merupakan jenis gaya variasi yang sangat membutuhkan kekuatan otot serta kemahiran teknik berenang. Jenis gaya ini tidak dianjurkan untuk pemula karena membutuhkan koordinasi yang cukup rumit. Setara dengan tingkat kesulitannya, gerakan renang ini bisa menghasilkan pemandangan yang indah di dalam air.

Jenis gaya renang ini memiliki begitu banyak manfaat yang bisa dinikmati oleh tubuh Anda. Berenang dengan gaya kupu-kupu akan membantu membakar kalori tubuh dan melatih seluruh otot. Selain itu, gaya ini juga sangat disarankan untuk membentuk postur tubuh yang baik. Gaya renang kupu-kupu pun dijadikan alternatif jenis olahraga kardiovaskular yang aman.

Itulah penjelasan singkat mengenai gaya dalam renang itu apa saja. Tentu olahraga ini akan sangat menyenangkan untuk dipelajari mengingat ada banyak gaya yang bisa dipraktikkan. Manfaat yang didapatkan pun sangat beragam. Pastikan untuk belajar teknik renang dengan tepat dan lakukan pemanasan demi menjamin keamanan saat melakukan olahraga dalam air ini.

Sumber:

https://www.anlene.com/id/ms/4-macam-gaya-renang-dan-manfaatnya-untuk-tubuh.html

https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/macam-macam-gaya-renang/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *