Cerita Langkah Kaki Nenek Dede Nasehah, Penjual Obat Herbal Keliling yang Tinggal di Masjid

Masjid Al-Riyadh Kwitang merupakan salah satu masjid bersejarah di DKI Jakarta. Lokasinya ada di kawasan padat penduduk, Jalan Kembang VI, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat. Sebagai warga Jakarta, Anda mungkin pernah mengunjungi masjid ini untuk mampir shalat. Selain melihat dan mengagumi arsitektur Masjid Kwitang yang indah, Anda mungkin juga pernah bertemu dengan salah satu sosok ini, Nenek Dede Nasehah.

Siapa Sosok Nenek Dede?

cerita-langkah-kaki-nenek-dede-nasehah-penjual-obat-herbal-keliling-yang-tinggal-di-masjid

Namanya adalah Dede Nasehah. Perempuan paruh baya ini sering terlihat di Masjid Kwitang karena masjid ini merupakan salah satu tempat singgahnya untuk melepas lelah setelah lelah seharian mencari nafkah. Nenek Dede tidak memiliki rumah. Pun tidak mampu membayar kontrakan atau sekedar kamar kos.

Setiap harinya, beliau bekerja sebagai penjual obat-obatan herbal dan minyak gosok. Nenek Dede tidak berjualan secara menetap karena beliau berjualan dengan cara berkeliling. Kaki tuanya masih kuat melangkah dari satu masjid ke masjid lainnya di Jakarta untuk menawarkan barang dagangannya.

Jarak yang jauh tidak menjadi masalah bagi beliau. Teriknya matahari ibu kota sudah menjadi teman selama di perjalanan. Begitu juga dengan debu jalanan dan asap knalpot. Selama masih diberi kesehatan, Nenek tidak akan menyerah untuk berusaha. Apalagi sampai minta-minta dan menjadi pengemis.

Segenap usaha telah dilakukan. Jarak yang ditempuh sudah sedemikian jauh. Sayangnya, penghasilan yang didapatkan beliau setiap harinya tidak menentu. Kadang, dagangan beliau juga tidak ada yang membeli sehingga beliau tidak mendapatkan penghasilan hari itu.

Karena penghasilan yang tidak menentu itulah yang membuat Nenek Dede Nasehah harus tinggal dan tidur di masjid. Selain Masjid Kwitang, nenek juga biasa tidur dan berjualan di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Dua masjid di Jakarta ini sudah menjadi rumahnya karena beliau tidak memiliki rumah dan tidak mampu membayar sewa.

Saat ini, usia nenek sudah hampir 80 tahun. Suami nenek sudah dipanggil di sisi Yang Maha Kuasa. Dari pernikahannya dengan suaminya tersebut, Allah tidak menitipkan keturunan sehingga sekarang nenek hidup seorang diri.

Sebelum bekerja menjadi penjual obat-obatan herbal dan minyak gosok keliling, nenek pernah menjadi seorang guru ngaji. Pada waktu itu, penglihatan nenek masih jelas sehingga masih sanggup untuk mengajar. Namun seiring bertambahnya usia, penglihatan nenek sudah tidak sejelas dulu. Alasan inilah yang membuat nenek tidak bisa mengajar mengaji lagi dan berpindah profesi menjadi penjual keliling.

Kebaikan untuk Nenek Dede

Hidup seorang diri dan tidak memiliki tempat tinggal, tidak membuat nenek berkecil hati. Beliau yakin dengan janji Allah untuk hamba-Nya yang masih mau berusaha dan berdoa. Segala sesuatu yang diawali dengan kebaikan, pada akhirnya akan sampai pada kebaikan pula

Seperti campaign yang sedang dijalankan oleh Allianz, yaitu #AwaliDenganKebaikan. Melalui campaign ini, Allianz sebagai salah satu perusahaan asuransi syariah Indonesia mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berbagi cerita tentang sosok-sosok mulia dan inspiratif yang ada di sekitar kita.

Kita juga bisa ikut berkontribusi secara nyata dengan menjadi anggota produk asuransi syariah dari Allianz. Dengan menjadi anggota produk asuransi dari Allianz, sebagian dana yang kita setorkan akan diberikan kepada sosok-sosok mulia nan inspiratif yang membutuhkan bantuan dalam program sosial. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan fitur wakaf agar bisa berbagi kebaikan dengan orang lain yang membutuhkan.

Dengan cara tersebut, kita mendapatkan manfaat proteksi dari asuransi syariah Allianz yang kita pilih. Juga, kita turut serta berbagi manfaat dan kebaikan kepada orang lain yang membutuhkan seperti Nenek Dede Nasehah.

Sumber: http://ketimbangngemisjakarta.or.id/nenek-dede-nasehah-menyambung-hidup-dengan-menjual-obat-herbal-keliling/

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy