Cara Mencuci Mesin Mobil yang Tepat agar Performa Tetap Awet

  • Whatsapp

Mobil-mobil yang tersedia di dealer mobil bekas memang selalu dalam kondisi bersih dan berkualitas. Namun, setelah mobil tersebut Anda beli dan kemudian digunakan di jalan, pastinya akan lebih cepat kotor dibanding saat masih dipajang. Tidak hanya bagian body saja yang kotor, tetapi juga area mesin yang harus dibersihkan secara berkala dengan cara yang tepat, yaitu:

Read More

1. Pilih Lokasi Cuci yang Tidak Terkena Sinar Matahari

Jika Anda ingin mencuci mesin mobil, ada baiknya Anda melakukannya pada garasi mobil yang tertutup dan terhindar dari sinar matahari. Hal ini karena sinar matahari dapat menurunkan performa mesin mobil, yang kebanyakan berbahan dasar karet dan plastik yang mudah rapuh.

2. Mesin Mobil Harus dalam Keadaan Dingin

Pastikan mobil sudah dalam keadaan dingin saat Anda ingin membersihkannya. Jika mobil baru saja Anda pakai, tunggu sampai sekitar 1 sampai 2 jam sebelum memulai pembersihan. Sebab, logam pada mesin yang masih panas dapat rusak ketika disiram dengan air dingin; begitu pula dengan warnanya.

3. Bersihkan Debu dan Kotoran Dahulu

Berhubung Anda tidak boleh mencuci mesin ketika kondisinya panas, Anda sebaiknya dapat membersihkan debu dan kotoran ringan di sekitarnya terlebih dahulu. Untuk melakukan tahap ini, Anda bisa menggunakan cairan pembersih serbaguna dan sikat lembut.

4. Bersihkan Kap Mesin

Setelah Anda membersihkan debu dan kotoran di sekitar mesin mobil, bersihkan juga bagian kap atas dan bawah mobil. Pastikan untuk memulai pembersihan bagian ini dari sisi atas agar debu-debu pada bagian atas akan jatuh ke bagian bawah yang belum Anda bersihkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengerjakan pekerjaan yang sama berulang kali.

5. Langsung Keringkan

Setelah mesin selesai Anda bersihkan, pastikan untuk langsung mengeringkan mesin mobil. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya karat pada bagian besi atau logam mesin mobil. Lap yang Anda gunakan juga bisa memakai lap microfiber atau chamois.

6. Cek Sisa Sabun

Ketika Anda selesai mengeringkan mesin mobil Anda, pastikan untuk selalu mengecek sisa sabun yang ada. Hal ini penting untuk menghindari bebas sisa sabun pada bagian mesin mobil Anda. Jika masih ada bagian yang bersabun, silakan mengelapnya dengan lap microfiber. Seperti itulah cara-cara mencuci mesin mobil yang bisa Anda lakukan sendiri. Selamat mencobanya di rumah, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *