7 Tips Efektif Berhenti Merokok dari SehatQ.com

  • Whatsapp

7-tips-efektif-berhenti-merokok-dari-sehatq-com

Berdasarkan data Rumah Sakit Umum Persahabatan mengenai angka kematian akibat kanker paru-paru di Indonesia, 87 persen disebabkan oleh aktivitas merokok. Ada lebih dari 230 ribu kasus kematian dalam setahun akibat kebiasaan buruk merokok. Seorang perokok memiliki risiko tinggi terkena penyakit kanker termasuk perokok pasif yang berada di sekitar. Oleh sebab itu, orang yang memiliki kebiasaan merokok wajib mengurangi atau berhenti total mulai sekarang. Tips berhenti merokok dari SehatQ bisa Anda coba aplikasikan sendiri, yuk!

Read More

1. Mengganti pola makan lebih sehat

Berdasarkan direktori tag yang ada di SehatQ.com menyebutkan bahwa asupan makanan bisa membantu orang yang hendak berhenti merokok. Minum susu, buah, sayur, rempah kayu manis dan kacang-kacangan efektif untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Anda harus tahu bahwa kandungan nikotin pada rokok sangat mempengaruhi selera makan. Berhenti merokok bisa membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Jangan biarkan tubuh Anda menjadi kurus kering akibat kekurangan nutrisi. Tubuh yang kekurangan nutrisi sangat rentan mengalami masalah kesehatan, lho!

2. Menghindari stress berlebihan

Kebiasaan merokok bisa dipicu oleh masalah stress yang melanda pikiran Anda selama ini. Jangan sampai kepadatan rutinitas atau deadline pekerjaan yang menumpuk membuat Anda terlalu banyak pikiran.

Lakukan agenda kegiatan positif yang bisa menghilangkan stress Anda seperti yoga, pijat relaksasi, melakukan hobi yang disukai, dan lain-lain. Bercengkrama dengan orang terdekat atau keluarga bisa membuat Anda lebih rileks dan bebas dari stress.

3. Olahraga

Tubuh yang sehat dan bugar bisa membantu Anda untuk lepas dari jeratan nikotin. Aktivitas olahraga seru bisa menghindarkan Anda dari keinginan untuk merokok. Sebaiknya Anda bergabung dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup lebih sehat di komunitas tertentu. Mengikuti program olahraga tertentu bisa menjadi kesibukan Anda yang baru.

4. Minum jus segar dari sedotan

Sebuah tips berhenti dari kebiasaan merokok yang cukup unik, ya? Ternyata minum jus atau minuman segar lain melalui sedotan bisa meningkatkan hormon dopamin yang bisa membuat suasana hati Anda lebih bahagia.

5. Hilangkan kebiasaan buruk penyebab Anda merokok

Lakukan evaluasi diri untuk mengetahui pemicu Anda melakukan hobi merokok. Misalnya kebiasaan begadang sampai larut malam, minum alkohol, berkumpul dengan teman yang merokok, dan hal negatif lain. Hindari pemicu kebiasaan merokok agar Anda bisa berhenti total dari kebiasaan buruk ini.

6. Melakukan terapi akupuntur

Terapi akupuntur bisa menjadi salah satu solusi menghilangkan kebiasaan buruk merokok. Anda bisa melakukan bentuk pengobatan tradisional dari Tiongkok untuk menghindari kebiasaan merokok.

Memang tidak ada kaitan secara ilmiah untuk menghentikan kebiasaan merokok, tetapi terapi akupuntur bisa memberikan manfaat kesehatan seperti melancarkan energi dalam tubuh dan menyembuhkan penyakit. Jika tubuh Anda lebih sehat dan bugar, maka keinginan merokok bisa dihentikan.

7. Melakukan program terapi NRT

Selama menjalani solusi alternatif menghentikan kebiasaan merokok, Anda mungkin mengalami rasa frustasi berlebihan. Sebaiknya Anda mempertimbangkan program NRT atau terapi penggantian nikotin yang berfungsi menghilangkan nikotin kadar rendah berkesinambungan. Sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter terbaik sebelum menjalani terapi lewat aplikasi SehatQ. Dokter profesional dan kredibel bisa memberikan saran dan konsultasi untuk Anda.

Beberapa cara untuk berhenti merokok bisa Anda coba terapkan dalam kehidupan harian. Orang yang berhenti merokok bisa merasakan energi positif yang meningkatkan produktivitas harian. Sayangi diri Anda dengan menjaga kesehatan lebih baik tanpa asap rokok. Jika Anda butuh saran, konsultasi atau penanganan lebih lanjut, sila hubungi dokter kredibel di aplikasi SehatQ sekarang juga!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *