6 Larangan saat Haid yang Harus Anda Hindari Menurut Kesehatan

laurier malam,pembalut malam charm,pembalut laurier malam,softex charm malam,charm malam,pembalut charm malam,pembalut mlm,softex malam,pembalut malam

Salah satu larangan saat haid adalah menggunakan pembalut lebih dari 4 jam. Selain untuk kesehatan reproduksi, masalah lain yang bisa terjadi bila menggunakan pembalut terlalu lama adalah mengalami kebocoran. Untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan pembalut malam Laurier yang memiliki ukuran lebih panjang sehingga aman digunakan saat akan tidur.

Read More

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata penggunaan pembalut malam ini efektif juga jika digunakan di siang hari? Hal ini karena daya perlindungan pembalut malam sangat optimal dan sebagian wanita memakainya saat haid sedang deras.

6 Larangan saat Haid yang Harus Dihindari

Beberapa larangan ini sebaiknya tidak Anda lakukan, karena bisa membuat badan tidak sehat dan mengganggu kelancaran proses menstruasi. Apa saja larangan saat haid tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Mengkonsumsi Garam Berlebihan

Makanan yang mengandung garam berlebihan sebaiknya Anda hindari, karena bisa menyebabkan perut kembung. Sebab, garam berlebih bisa memicu terjadinya penumpukan air. Maka, konsumsilah garam dalam jumlah yang cukup, agar perut Anda tidak kembung.

2. Makanan atau Minuman Berkafein Tinggi

Mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein kadar tinggi bisa menyebabkan masalah lambung. Oleh karena itu, untuk Anda pecinta kopi, sebaiknya kurangi konsumsi kafein untuk mencegah lambung bermasalah saat haid.

3. Tidak Sering Mengganti Pembalut

Seperti keterangan di awal, salah satu kesalahan yang kerap kali masih dilakukan beberapa perempuan saat haid adalah tidak sering mengganti pembalut. Menggunakan pembalut seharian penuh adalah larangan saat haid yang bisa menyebabkan masuknya bakteri dalam tubuh.

4. Mengkonsumsi Produk Olahan Susu

Mengkonsumsi susu memang baik untuk kesehatan tulang, karena mengandung kalsium. Namun, berbeda dengan produk olahan susu seperti keju. Keju bisa membuat perut Anda kram saat menstruasi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hindari.

Alasannya, karena produk olahan lemak susu mengandung asam arakidonat yang bisa membuat kram perut. Sedangkan susu bisa membuat perut Anda tidak nyaman, karena mengakibatkan kembung dan terasa membengkak.

Konsumsilah makanan lain yang mengandung kalsium selain dari produk olahan susu, agar perutmu tidak kram saat haid.

5. Mengkonsumsi Daging Merah

Mengkonsumsi daging juga menjadi larangan saat haid yang patut Anda hindari. Sama seperti tubuh ketika menstruasi, daging merah juga mengandung prostaglandin yang menyebabkan kram perut, jika jumlahnya berlebihan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda hindari makan daging. Anda bisa mendapatkan nutrisi zat besi dari makanan lain, selain daging merah.

6. Jangan Merokok

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa merokok adalah aktivitas membahayakan yang bisa mengganggu kesehatan dan keselamatan jiwa. Pada perempuan yang sedang haid, kebiasaan merokok bisa membuat masalah haid menjadi semakin parah.

Dilansir dari sehatq.com, perempuan perokok rentan mengalami dismenore daripada yang bukan perokok. Untuk itu, jangan merokok ketika menstruasi.

Sudah Tahu Apa Saja Larangan Saat Haid?

Hindari apa saja yang menjadi larangan saat haid! Mulai dari menghindari konsumsi garam berlebih, makanan dan minuman berkafein tinggi, memakai pembalut seharian, hingga jangan merokok. Demi menjaga kesehatan dan kenyamanan Anda ketika periode menstruasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *