6 Cara Mudah Membersihkan Karpet dari Noda Membandel

  • Whatsapp

Karpet di rumah harus Anda cuci dan jemur secara rutin guna menghilangkan bau tidak sedap, membunuh kuman yang menempel atau menghilangkan noda yang membandel. Apalagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, maka risiko karpet terkena air liur, urine, bulu yang tertinggal, dan kotoran hewan kesayangan bisa saja terjadi. Selain memakai vacuum cleaner, pastikan Anda tahu cara mudah membersihkan karpet dari noda dengan cara simpel ini.

Read More

Cara Alami Membersihkan Karpet di Rumah Saja

Dewasa ini, Anda tidak perlu melakukan pencucian dan perawatan karpet sebab bisa memanggil jasa laundry karpet terpercaya. Namun, Anda yang ingin menghemat pengeluaran bulanan, bisa membersihkan karpet kotor yang terkena noda tanpa perlu keluar biaya. Cara mudah membersihkan karpet tidak harus mengundang jasa laundry sebab Anda bisa mencoba kiat berikut :

1. Menggunakan sikat

Anda bisa memakai sikat untuk menghilangkan kotoran atau rambut rontok manusia atau hewan peliharaan di karpet. Setelah menyikat sampai bersih, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet lebih maksimal. Pembersihan menggunakan sikat dan vacuum cleaner wajib Anda lakukan setiap hari untuk memastikan karpet selalu bersih, apalagi Anda yang punya anak kecil.

2. Air hangat dan cuka

Bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kotoran pada karpet adalah campuran air hangat dan cuka. Buat larutan air hangat dan cuka putih pada botol bekas yang tidak dipakai, lalu semprotkan pada karpet yang terkena lendir atau noda. Setelah noda hilang, Anda bisa mengeringkan karpet dengan cara diangin-anginkan.

3. Baking soda

Selain cuka putih, rekomendasi bahan alami yang efektif menghilangkan noda pada karpet adalah baking soda. Bahan yang acap digunakan untuk membuat kue ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda dengan cara menyemprotkan campuran baking soda dan air. Biarkan selama kurang lebih tiga jam agar kotoran dan bau bisa lebih mudah terangkat dengan mesin penyedot debu.

4. Minyak lavender

Hilangkan kotoran dan bau membandel pada karpet dengan minyak lavender yang dicampurkan dengan garam, cuka dan air ke dalam sebuah botol. Agar hasil pembersihan lebih maksimal, sebaiknya semprotkan bahan dan sikat sampai benar-benar bersih.

5. Garam dan alkohol

Bila karpet kesayangan Anda terkena noda minyak, maka Anda bisa menghilangkan noda dengan bahan sederhana yaitu garam dan alkohol. Gunakan perbandingan garam dan alkohol 1:4, lalu gosokkan campuran pada noda karpet yang membandel. Pastikan Anda menggosok bagian yang terkena noda dengan arah serat karpet agar karpet bisa tetap bertahan lebih lama.

6. Campuran sabun pencuci piring dan cuka putih

Tips membersihkan karpet yang terkena noda bisa memakai sabun pencuci piring dan cuka putih. Anda hanya perlu menyiapkan satu liter air hangat, tambahkan satu sendok cuci piring yang umum ditemukan di pasaran dan seperempat sendok teh cuka putih. Semprotkan pada bagian yang kotor, sikat dan keringkan karpet Anda agar terbebas dari masalah jamur yang suka pada permukaan lembab.

Yuk, coba terapkan cara mudah membersihkan karpet dari noda membandel di atas! Membersihkan karpet harus Anda lakukan secara rutin setidaknya sebulan sekali demi mencegah karpet menjadi sarang bakteri dan jamur. Vacuum cleaner sehari sekali bisa mencegah debu dan kotoran lain menempel pada karpet yang bisa menularkan penyakit atau alergi pada kulit Anda. Karpet yang senantiasa bersih akan mendukung kesehatan Anda dan keluarga selama beraktivitas di rumah saja.


Sumber

https://www.medcom.id/properti/tips-properti/Dkqloqnb-6-cara-bersihkan-noda-di-karpet

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *