4 Keuntungan Kredit Mobil Bekas Berbasis Syariah

  • Whatsapp

 

Read More

Setelah asuransi dan tabungan berbasis syariah, kini Anda bisa mengajukan kredit mobil bekas dengan sistem yang sama. Lembaga pembiayaan kini memberikan layanan kredit mobil dengan sistem ini. Jadi, untuk Anda yang peduli dengan sistem syariah pada lembaga keuangan, Anda bisa memanfaatkan layanan ini.

Sesuai namanya, lembaga pembiayaan ini berpedoman pada syariat Islam yang berlaku. Lalu, apa keuntungan memilih leasing berbasis syariah ini? Berikut ini 4 keuntungan memilih kredit mobil melalui perusahaan pembiayaan berbasis syariah.

1. Sumber dana dipastikan halal

Yang pertama adalah dana yang didapat oleh perusahaan leasing berbasis syariah dipastikan kehalalannya. Untuk menjamin hal tersebut, perusahaan leasing akan mengecek apakah calon nasabah memiliki usaha yang termasuk haram atau tidak, misalnya jual beli bangkai, jual beli daging babi, ada unsur perjudian, dan sebagainya.

Jika ternyata didapati bahwa usaha yang dimiliki calon nasabah ada unsur yang tidak sesuai dengan syariat Islam, pihak perusahaan tidak menerima proses kredit yang diajukan dan dianjurkan untuk mencari leasing konvensional. Dengan memastikan sumber dana yang disetorkan nasabah berasal dari sumber yang halal, perusahaan leasing menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan.

2. Cicilan tetap

Yang kedua adalah besaran dana cicilan yang disetorkan jumlahnya tetap. Hal ini dikarenakan perusahaan leasing berbasis syariah tidak membebankan bunga pada cicilan bulanan nasabahnya. Mereka menggunakan sistem bagi hasil yang disepakati di awal. Anda sebagai nasabah juga bisa meminta keringanan jika jumlah yang ditentukan dirasa memberatkan.

Karena tidak dikenakan bunga maka cicilan per bulan yang harus Anda bayarkan sifatnya flat. Mulai dari bulan pertama hingga akhir masa kredit kepemilikan mobil bekas jumlah cicilan yang Anda bayarkan sama besarnya.

3. Denda penalti untuk tujuan sosial

Perusahaan leasing berbasis syariah juga memberlakukan sistem denda atau penalti. Sejumlah dana harus Anda bayarkan sebagai konsekuensi atas keterlambatan pembayaran cicilan bulanan.

Meskipun sama dengan leasing konvensional yang menetapkan sejumlah denda ketika telat bayar, pengelolaan dananya berbeda. Leasing berbasis syariah mengelola dana dari denda atau penalti tersebut untuk kegiatan sosial, misalnya disumbangkan pada sebuah lembaga syariah. Dengan demikian, Anda telah ikut bersedekah secara tidak langsung melalui kredit mobil bekas.

4. Tidak bergantung pada suku bunga pasar

Yang keempat adalah cicilan leasing berbasis syariah tidak bergantung pada suku bunga pasar. Dalam leasing konvensional, cicilan per bulan biasanya menggunakan dua sistem perhitungan bunga, yaitu sistem mengambang (floating) dan sistem flat.

Pada sistem floating, besaran bunga disesuaikan dengan suku bunga yang berlaku pada waktu tersebut. Dengan demikian, cicilan antara bulan yang satu dengan bulan yang lain bisa jadi berbeda jumlahnya.

Sedangkan leasing dengan basis syariah tidak menggunakan sistem demikian. Seperti yang dijelaskan pada poin kedua, besaran cicilan per bulan jumlahnya tetap sesuai dengan kesepakatan bagi hasil yang ditetapkan di awal. Jadi, meskipun suku bunga acuan naik atau turun, tidak akan mempengaruhi besaran cicilan per bulan.

Nah, itulah 4 keuntungan yang akan Anda dapatkan jika memilih perusahaan leasing berbasis syariah untuk kredit mobil bekas. Kehadiran perusahaan leasing berbasis syariah ini sudah bisa Anda temukan dengan mudah. Ada pula yang sudah menggunakan pengajuan kredit syariah secara online seperti Garasi.id.

Garasi.id merupakan laman pengajuan kredit kepemilikan mobil bekas dengan sistem syariah yang bisa Anda lakukan secara online. Cara pengajuannya sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungi laman www.Garasi.id kemudian pilih kredit mobil dan ikuti langkah berikut :

1. Pilih mobil bekas yang Anda ingin miliki

2. Pilih perusahaan leasing yang Anda inginkan. Untuk yang berbasis syariah, Anda bisa memilih BCA Syariah sebagai partner kredit mobil ini.

3. Pilih besaran uang muka dan masa tenor yang Anda inginkan

4. Lengkapi formulir yang diperlukan. Isi semua informasi yang ada dengan benar dan jangan sampai terlewat satupun.

5. Pihak Garasi.id akan menghubungi Anda untuk konfirmasi data lebih lanjut

Mudah sekali, kan? Setelah pihak Garasi.id melakukan proses konfirmasi, Anda tinggal menunggu apakah proses kredit yang Anda ajukan diterima atau tidak. Jika Anda sudah memenuhi semua persyaratan dengan lengkap, proses pengajuan kredit Anda akan mudah disetujui.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *