4 Cara Memaksimalkan Proteksi Asuransi Kesehatan yang Anda Miliki

  • Whatsapp

Selama pandemi, beragam produk asuransi kesehatan Indonesia kini sudah bisa diakses secara online. Pendaftarannya sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi yang disediakan oleh pihak perusahaan asuransi tanpa perlu bertatap muka secara langsung. Hal ini tentu memberikan banyak peluang agar asuransi bisa lebih banyak dilirik oleh lebih banyak masyarakat dari seluruh lapisan.

Read More

Meski sangat dibutuhkan, asuransi sering kali dikategorisasikan sebagai produk mewah yang tidak terlalu penting untuk dimiliki. Padahal, jika cermat, banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari asuransi, baik asuransi kesehatan, asuransi jiwa, sampai asuransi perlindungan aset berharga. Terkait asuransi kesehatan, Anda tentunya memiliki banyak peluang untuk bisa lebih memaksimalkan benefit yang sudah termasuk dalam paket perlindungan.

Lantas, bagaimana cara memaksimalkannya? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

1. Proyeksikan premi yang harus dibayarkan tiap bulan

Membeli produk asuransi tentu mengharuskan nasabahnya untuk konsisten membayar premi tiap bulan, tanpa terkecuali. Untuk itu, pastikan premi yang Anda bayarkan terjangkau dan tidak terlalu membebani kondisi ekonomi keluarga, terutama untuk kebutuhan pokok sehari-hari.

2. Pahami prosedur klaim asuransi

Hal penting lainnya dari membeli produk asuransi kesehatan adalah memahami betul polis asuransi dan bagaimana prosedur klaim dilakukan. Hal ini tentu untuk meminimalisir penolakan klaim karena syarat dan ketentuan yang belum sesuai.

Beberapa rumah sakit rekanan juga memiliki prosedur klaim yang berbeda-beda, seperti prosedur klaim dengan sistem reimburse atau dengan sistem cashless. Jangan segan untuk bertanya lebih lanjut dengan agen asuransi agar kelak manfaat asuransi dapat dimaksimalkan dengan baik.

3. Pertimbangkan lokasi rumah sakit rekanan dan fasilitas pendukung

Lokasi rumah sakit rekanan perusahaan asuransi yang dekat dengan kantor maupun rumah tinggal tentu akan memberikan kenyamanan untuk Anda saat berobat. Apalagi, jika ditambah dengan fasilitas kesehatan atau pengobatan yang mumpuni, tentunya membuat Anda tidak perlu lagi berpindah-pindah rumah sakit saat proses pengobatan berlangsung.

4. Pilih asuransi yang memiliki banyak benefit tambahan

Benefit tambahan dalam hal ini seperti layanan bantuan medis darurat 24 jam, sampai pada fasilitas pembayaran non-tunai yang tentunya akan semakin mempermudah Anda dalam memanfaatkan asuransi kesehatan yang Anda punya. Manfaatkan juga point reward yang biasanya diberikan oleh perusahaan asuransi untuk Anda dengan selalu memeriksa bagian program atau promo.

Itu dia beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan manfaat perlindungan dari asuransi kesehatan. Jangan sepelekan hal-hal kecil yang justru akan semakin membantu Anda saat menggunakan atau mengajukan klaim perlindungan. Selalu diskusikan kebutuhan proteksi yang Anda harapkan kepada agen asuransi agar manfaat perlindungan dapat lebih dirasakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *